BMC GEROBAK MARTABAK MANIS

Apa itu BMC?



BMC yang singkatan dari Business Model Canvas adalah model bisnis yang terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bisnis Model Canvas ini memiliki ciri khasn dengan 9 blok model yang jika disatukan akan menjadi satu kesatuan bisnis:

  1. Customer Segment
  2. Value Proposition
  3.  Customer Relationship
  4.  Channel
  5.  Revenue Stream
  6.  Key Resource
  7.  Key Aktivities
  8.  Key Partnership
  9.  Cost Structure

Dengan BMC ini kita bisa melakukan suatu bisnis dengan gampang. Sekarang saya akan membahas BMC tentang Gerobak Martabak Manis.



Martabak manis adalah makanan ringan yang dipadu dengan berbagai varian rasa yang biasa dimakan disaat santai, ngobrol-ngobrol dengan keluarga, teman, sahabat. Bahkan jika kalian mempunyai seorang doi dan doi itu mau datang kerumah untuk apel hehe si doi suka membawa makanan tuh yang pastinya kalo datang disore/malam suka membawa martabak yang hangat-hangat apalagi untuk dikasih sama camernya hehee. Karena biasanya martabak dijual disore sampai dimalam hari. Martabak ini bisa dimakan oleh semua kalangan dari mulai kanak-kanak, remaja, dewasa, bahkan orang tua, kecuali yang punya penyakit gula jangan terlalu banyak makan yang manis-manis yaa..

Salah satu pedagang martabak manis yaitu bapak zakin yang memberi nama Martabat Manis Spesial Sago, apa itu sago? Sago adalah nama tumbuh-tumbuhan yang berasal dari bahasa padang karena bapak zakin itu berasal dari orang padang yang merantau kedaerah Bandung. Beliau berjualan setiap hari bertempat dipinngir Jl. Gatot Subroto No. 298 – Binong. Banyak orang yang lewat daerah sana membeli martabak itu, karena jalan itu ramai dilewatin orang dan jalan tersebut juga cukup dekat dengan pindad, kampusn juga dan jalan itu juga sebagai jalan alternatif untuk ke jalan soekarno-hatta. Beliau sudah berdagang cukup lama dari sejak tahun 1992. Waktu yang cukup lama itu memang tidak mudah dijalankannya apalagi martabak jika adonannya tidak habis bapak zakin ini suka dibuang saja, untung rugi itu hal biasa jika melakukan berdagangan. Supaya tidak mengurangi rasanya yaa mungkin memang bisa dibesokan tetapi bapak zakin ini tidak mau lebih baik dibuang saja dari pada dicampur-campur lagi takutnya basi katanya. Karena kepuasan pelanggan itu nomor satu baginya.

Jika ada pelanggang yang akan membeli martabaknya bisa memesan rasa sesuai selera dengan berbagai varian rasa karena martabak pa zakin ini banyak sekali rasa-rasanya, apalagi martabak ini kita bisa memilih banyak rasa, misal kita ingin 3 rasa coklat, pisang, keju. Bapak zakin bisa membuatkannya. Dan pelanggang tidak akan menunggu lama untuk memesan karena bapak zakin mempunyai 3 cetakan dan suka membuat stok dicetakannya tapi gasnya tidak besar. Jadi jika ada yang membeli tinggal ngasih gulanya. Bapak zakin melayani pelanggannya dengan ramah dan banyak candanya supaya pelanggan tersebut bisa datang lagi, tidak mungkin kan jika ada pembeli dengan bewajah cemberut yang ada pembeli tersebut kaburrr karena males dengan pelayanannya.
Beliau berjualan mulai pukul 16.00 sampai dengan 22.00. Alhamdulillah setiap hari ramai pembeli, dan diwaktu siang hari beliau mempersiapkan untuk nanti sore hari dia berjualan. Dimulai membeli bahan-bahan adonan, membeli selai, pisang, dan berbagai varian rasa lainnya dan membeli untuk kemasan juga.

Bapak zakin memasarkan martabaknya tidak melalui media sosial seperti facebook, instagram dan yang lainnya bapak zakin hanya dengan diem dipinggir jalan dan digerobaknya ada spanduk, karena menurutnya jika menggunakan media sosial seperti itu ribet hehe.
Hal positif yang bisa diambil dari kutipan diatas yaitu kita harus bisa melewati rintangan-rintangan yang dihadapi serta sabar dan harus siap rugi jangan mau untungnya saja.

Kesimpulannya yaitu seorang pedagang martabak manis yang bernama bapak zakin, beliau sudah berjualan martabak cukup lama yaitu selama 25 tahun. Banyak sekali tantangan dan rintangan yang dihadapinya. Martabak manis ini banyak digemari orang apalagi lagi santai bisa ngemil martabak.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

I’m Possible Mulai Dari Satu

Awalnya Serabutan Kini Jadi Pengusaha