Apa Itu Kaskus?








Apakah kalian tahu apa itu kaskus?? Jujur saja ya awal nya saya tidak tahu apa itu kaskus. Tetapi saya dikasih tugas sama dosen untuk membuat blog mengenai kaskus, okelah saya cari tahu terlebih dahulu apa itu kaskus. Yang pastinya saya cari tahu di google hehee gapapa yaa namanya juga belajar dan menambah wawasan juga bener ga gays?? Yaa tentu bener yaa Hihii setelah saya membacanya ternyata kaskus itu keren yaa, dan ternyata kaskus itu dimulai dari tugas kuliah loh gays membuat komunitas gitu. Kalo begitu kalian yang sebagai mahasiswa harusnya bisa dong yaa. Kalian pasti penasaran yaa apa itu ayoo makanya baca dulu sedikit coretan saya yuu........

KASKUS yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Wiihhh keren banget kan gays mulai dari komunitas kecil dan sekarang sudah menjadi besar.

Kaskus adalah rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang di butuhkan. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga jual beli segala jenis barang dan jasa dengan harga terbaik. Banyak banget kan gays komplit deh di kaskus selain kalian pinter untuk pengetahuannya kalian juga bisa berbisnis loh dikaskus.
Oh iyaa gays kalian penasaran ga sih siapa pendirinya kaskus itu, yang pastinya kalian penasaran dong yaa kepo pastinya rasa ingin memilikinya orang yang seperti itu hehehe #becanda okedeh ayoo kita bahas siapa pendiri kaskus itu.


Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh 3 orang pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan yang sedang menyelesaikan studinya di Seattle, Amerika Serikat. Kita sebagai orang Indonesia pasti bangga dong yaa memiliki pemuda seperti ini. 

Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia yang saat ini anggotanya berjumlah lebih dari 4.500.000 anggota, Kaskus tidak hanya berdomisili di Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Oh iyaa gays pengguna Kaskus itu berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa, orang tua jika mau juga bisa tetapi alangkah baiknya orang tua itu menghabiskan sisa hidupnya dengan keluarganya yaa bukan dengan dunia maya saja. Hehehe

Di tahun 2006 manajemen kaskus terpaksa mengubah domain dari Kaskus.com menjadi Kaskus.us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang website-website besar di Indonesia. Sejak itulah alamat kaskus berubah yang juga sekaligus berarti Kaskus us atau Kaskus adalah kita.

Lalu pada tanggal 26 Mei 2012 Kaskus kembali menggunakan domain Kaskus.com dan ditambah dengan domain Kaskus.co.id. hal ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra Kaskus sebagai website yang bervisi global namun tetap memiliki identitas Indonesia.

Perjalanan Kaskus juga tidak luput dari campur tangan investor. Pada tahun 2011, Kaskus dilaporkan mendapatkan pendanaan yang tidak disebutkan jumlahnya dari Global Digital Prima (GDP) Venture, yang merupakan bagian dari Djarum Group. Namun saat hadir acara Starup Asia tahun lalu, Ken dan Andrew mengungkapkan bahwa mereka belum menggunakan uang pendanaan tersebut sama sekali.

Dengan jumlah jutaan member tidak heran jika pengunjung Kaskus sangat banyak. Alexa melaporkan bahwa Kaskus menempati peringkat 8 di Indonesia sebagai yang paling banyak dikunjungi. Sedangkan laporan dari SimilarWeb, Kaskus menempati peringkat 7 di Indonesia dengan estimasi pengunjung mencapai angka 33,3 juta. Waw keren kan...

Hal yang tidak kalah pentingnya dari perjalanan Kaskus adalah tampilan websitenya. Di awal berdirinya Andrew menggunakan engine Vbulletin sebagai back end Kaskus. Setelah menggunakannya selama 11 tahun, pada tahun 2011 Kaskus akhirnya meningglkan engine tersebut dan mengumumkan kaskus beta dengan engine baru yang telah dikembangkan lebih dari satu tahun. Selain menggunakan engine baru yang telah dikembangkan selama lebih dari satu tahun. Pada tahun 2012, bertepatan dengan hari jadinya yang ke-13 Kaskus menghadirkan aplikasi mobile untuk perangkat Android, iOS, dan Blackberry. Semakin canggih saja yaa gays bisa di download juga aplikasinya.

Selain sebagai tempat berbagi antar komunitas dan sebagai tempat jual beli, dengan jutaan penggunaannya di Kaskus juga tercipta jargon dan istilh-istilah khas yang akhirnya menjadi budaya pengguna internet di Indonesia. Beberapa di antaranya adlah Gan, Pertamax, Afgan, Anak Band, dan istilah-istilah lainnya. Oh iyaa, Kaskus juga telah menyediakan laman khusus yang berisi Kamus Besar Bahasa Kaskus.

Berawal dari apartemen, kemudian gudang bekas milik keluarga Ken, hingga akhirnya pada tahun 2011 Kaskus memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma dan menamakannya menjadi Kaskus Playground. Sesuai namanya kantor kaskus memiliki konsep treasure hunt karena memiliki beberapa ruang rahasia di balik tembok dan juga memiliki beberapa tempat unik seperti green room untuk tempat tunggu, ruang kaskus, ruang playroom, makan gratis, dan masih banyak lagi.

Forum jual beli kaskus memang sangat melegenda. Bagaimana tidak, selain menjual hal-hal normal yang biasa digunakan seperti serangkat elektronik, alat rumah tangga, pakaian, dll. Di FJB juga muncul pedagang yang menjual hal-hal yang diluarmnalar seperti roket pesawat tempur F16, kapal tanker, jenglot, dan masih banyak lagi. Bahkan pada tahun 2012 dilaporkan nilai transaksi online melalui FJB mencapai IDR 567 miliar per bulan. Waw dahsyaattt sekaliiiii...

Kaskus tidak hanya seputar forum dan FJB, dalam perjalanannya Kaskus juga telah berkembang menjadi beberapa lini bisnis lain seperti: KasPay – layanan pembayaran secara online. E-pulsa – layanan pengisian pulsa. Kaskus Ads – layanan iklan Kaskus, dan masih banyak lagi. Lalu bertepatan pada hari ulang tahunnya dua hari lalu Kaskus juga mengumumkan inovasi baru yang disebut Playground. Dimana nantinya produk-produk Kaskus yang masih dalam tahap beta akan diletakkan disini.
Saat ini sudah ada lima fitur yang tersedia di Playground: Infokost (direktori untuk mencari kos), Radio, Groupee, Adu Harga (fitur lelang), dan Tebak Harga (fitur menebak harga).


Selain mengenalkan profil Kaskus didalam forum pasti ada kelebihan dan kelemahan dari Kaskus.
Kelebihan Kaskus :
-          Kita dapat memposting produk yang kita inginkan dan mempublikasikannya dengan sangat mudah.
-          Kita dapat membaca dan mengomentari produk orang lain serta dapat memanfaatkan fitur jual-beli untuk melakukan transaksi jual-beli online.
-          Kita dapat berbagi dan menemukan informasi serta pengetahuan lainnya.
-          Kita dapatberinteraksi dengan user lain melalui forum.
-          Kita dapat mengetahui trend fashion terbaru (supaya tidak ketinggalan zaman) hehe

Kelemahan Kaskus:
-          Tersedianya fitur jual-beli, penjual video porno memanfaatkan fitur tersebut untuk mengedarkan produknya.
-          Sering terjadi kesalahpahaman apabila terdapat barang yang isinya menyimpang.
-          Seringkali ada oknum tertentu yang memanfaatkan kaskus untuk melakukan tindakan kejahatan.


Banyak sekali Nilai positif dari Kaskus diantaranya yaitu fungsi situs yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Mudah memperoleh informasi yang ada di internet, sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi (tidak ketinggalan zaman) hehe.bisa digunakan sebagai lahan informasi seperti pendidikan, kebudayaan dll. Dan untuk yang suka berbelanja online tidak harus pergi dari rumah dikaskus bisa menggunakannya.

Harapan saya untuk pengguna Kaskus supaya bisa lebih baik lagi untuk memanfaatkannya, karena banyak hal-hal yang positif untuk dapat kita ketahui, banyak berbagai ilmu dan sangat bermanfaat sekali terutama untuk para penjual online.

Kesimpulan :
Kaskus adalah aplikasi Forum Komunitas terbesar di Indonesia yang dapat memfasilitasi para pengguna kaskus untuk selalu aktif di forum kaskus dan dapat memanfaatkannya dengan baik. Aplikasi ini sangat berguna sekali untuk para pengguna yang haus akan informasi yang bisa didapatkan di kaskus. Karena kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia, maka tidak sedikit pula thread-thread baru bermunculan yang pastinya patut untuk ditanggapi.

Demikianlah coretan dari saya semoga bermanfaat dan dapat terinovasi, salam sukses untuk kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC GEROBAK MARTABAK MANIS

I’m Possible Mulai Dari Satu

Awalnya Serabutan Kini Jadi Pengusaha