Awalnya Serabutan Kini Jadi Pengusaha



Acara Big Bang memang sangat menginspirasi banyak orang. Pada zaman sekarang mencari pekerjaan memang sulit. Yang sarjana saja susah apalagi tamatan SMA. Disini saya sangat terinspirasi sekali oleh Rizki Aulia pemilik Evriz Souvenir. Dia adalah seorang yang pantang menyerah, dan mengajarkan arti dari kegagalan.
Dia memiliki orang tua yang bekerja disuatu perusahaan sebagai manager tetapi perusahaan tersebut bangkrut dan tidak lagi bekerja dikarenakan faktor usia. Akhirnya Rizki pun ikut terjun untuk mendapatkan penghasilan. Rizki hanya tamatan SMA tetapi dia tidak menyerah begitu saja. Karena begitu sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan, dan dia pun melakoni usaha serabutan, pernah merasakan menjadi pengamen, penjaga jual pulsa eceran, bahkan kuli panggul. Tidak ada patah semangat demi mendapatkan penghasilan. Ia keluar sekolah SMA pada tahun 2007 dan ia pun sempat nganggur 1 tahun.
Dunia berputar dan rizki pun tidak seperti itu terus, rizki berpikir terus untuk bereksperimen membuat accesories gantungan kunci yang terbuat dari bahan dasar tanah liat. Yang awalnya dia diberi buku keterampilan tentang membuat accesories oleh sepupunya dan dia mulai membuatnya sendiri dengan tepung terigu. Dia berjualan ke teman-temannya bahkan dia berjualan diemperan depan sekolah. Rizki berpenghasilan dari karyanya tersebut sekitar 300-400rb perbulan. Terus menerus dia mengumpulkan modal untuk usahanya tersebut supaya berkembang. Dan rizki pun sudah bisa banyak merekrut orang-orang yang senasib dengannya. Semakin kesini usahanya semakin maju, akan tetapi rizki pun dikasih cobaan lagi yaitu usahanya jatuh bangkrut selama 1 tahun dan rizki pun meninggalkan usahanya tersebut.
Kemudian dia bekerja sebagai sales kosmetik dan bertemu dengan seseorang pengguna tokopedia dan dia diajarkannya untuk menggunakan tokopedia, karena zamannya sekarang  berjualan itu mudah sekali, tidak untuk menjualnya secara langsung kita tawarkan. Sekarang ada internet untuk mempermudah kita untuk berjualan. Rizki pun berjualan kosmetik ditokopedia, awalnya dia pergi ke warnet untuk memasarkan kosmetik tersebut ditokopedia, karena memang belum ada fasilitas dirumahnya.
Akan tetapi dia berpikir, banyak sekali yang berjualan kosmetik dan mungkin peluang untuk suksesnya itu sedikit. Kemudian dia mengingat kembali usahanya yang telah bangkrut 1 tahun yang lalu. Dan dia pun tidak patah semangat untuk dapat mengembangkan kembali usaha yang telah dilakoninya. Pada tahun 2012, Rizki rela menjual motornya demi untuk memulai kembali usahanya. Dan ia pun mulai merintis usahanya kembali dari nol.
Rizki memulai kembali membuat souvenir-souvenir lucu dan dipasarkan ditoko pedia. Karena ingin sekali souvenirnya tersebut dikenal dimanca negara, maka tidak hanya di Indonesia saja Evriz Souvenir dikenal bahkan saat ini Evriz Souvenir sudah dikenal di luar negeri, seperti negeri Malaysia, Brunai Darussalam, dan Korea Selatan.
Sekarang rizki sudah menjadi pengusaha souvenir yang sukses. Usahanya tersebut diberi nama Evriz Souvenir. Kenapa dinamakan Evriz Souvenir? Evriz adalah gabungan antara nama Eva dan Rizki, Eva adalah sepupunya, dia yang memberi buku keterampilan tentang membuat accesoris dari tanah liat tersebut.
Rizki sekarang mempunyai karyawan kurang lebih 46 orang. Memang dia sangat berharap untuk dapat menciptakan suatu lapangan pekerjaan dan membantu orang yang membutuhkan pekerjaan, karena dia sangat merasakan sekali bagaimana susahnya mendapatkan suatu pekerjaan itu.
Dengan keuletannya dan semangatnya dia sekarang bisa mencapai omzet kurang lebih 80jt per bulan. Dan dia masih ingin usahanya tersebut semakin berkembang dan meningkat. Supaya oarang-orang yang bekerja dengannya bisa terus bekerja dan mendapatkan penghasilan.
Jika kita gagal janganlah putus asa ataupun patah semangat. Karena kegagalan lah yang membuat diri kita bisa menjadi lebih baik lagi. Kita harus percaya akan semua yang sudah diatur oleh sang maha kuasa, akan tetapi kita juga harus percaya diri dan semangat untuk melakukan hal yang akan kita lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMC GEROBAK MARTABAK MANIS

I’m Possible Mulai Dari Satu